PROFIL “YAYASAN AL-ISTIQOMAH” PAMOYANAN

Pendahuluan

“Yayasan Al-Istiqomah Pamoyanan” yang beralamat di Kampung Pamoyanan RT 16/RW 04 Desa Karangmukti, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, adalah sebuah yayasan yang menyelenggarakan pendidikan keagamaan non formal yaitu: Taman Kanak-kanak Al-Quran (TKA), Taman Pendidikan Al-Quran-Diniyah Takmiliyah Awaliyah (TPA/DTA), dan Tahfizh Al-Quran.

Sebelum dibentuk yayasan pada Tahun 2013, penyelenggaraan kegiatan sudah dilaksanakan sejak Tahun 1997 yaitu Taman Kanak-kanak Al-Quran dan Taman Pendidikan Al-Quran (TKA/TPA) Al-Istiqomah, yang didirikan oleh Ust. Nashrudin Jayadi (alm), H. Ade Sadeli (alm) dan Hj. Sukaesih Susilawati (alm).

Selanjutnya, dengan Akta Notaris Heri Hendriyana, SH., MH Nomor 212 tanggal 28 Oktober 2013 dibentuklah “Yayasan Al-Istiqomah Pamoyanan.” Hingga akhir Tahun 2015 kegiatan-kegiatan tersebut di atas dilaksanakan di dalam empat ruang belajar permanen di atas tanah milik Yayasan, kecuali untuk kegiatan Tahfizh Al-Quran masih dilaksanakan di Masjid Al-Istiqomah Pamoyanan.

Susunan Pengurus

Susunan pengurus Yayasan dan kegiatan hingga akhir Tahun 2015, terdiri dari:

Pembina Yayasan      : Asep Dani Ramdani, SE., Ak

Ketua Yayasan           : Adi Dadan Ramdana, S.Kom., MM.

Kepala TKA & TPA   : Dini Sumartini

Koordinator Kegiatan Tahfizh Al-Quran: Ust. Ismail Husni

Visi dan Misi Yayasan

Visi:

Membentuk Generasi Sehat Cerdas dan Bertaqwa

Misi:

  1. Membangun akhlak peserta didik yang Bertaqwa kepada Allah SWT sejak usia dini.
  2. Membantu peran serta orang tua dalam mendidik anak.
  3. Membangun peserta didik yang berkarakter baik.
  4. Mempersiapkan anak didik untuk masuk ke jenjang pendidikan lebih lanjut.
  5. Memotivasi masyarakat tentang pentingnya pendidikan sejak usi adini.
  6. Mengupayakan sarana dan prasarana belajar dan bermain yang edukatif dan menyenangkan.

Visi dan misi tersebut di atas adalah untuk mencapai tujuan utama, yaitu mencetak generasi yang beriman, cerdas, bertaqwa, dan terampil sehingga berguna untuk keluarga, masyarakat dan agama.

Secara singkat kegiatan-kegiatan di bawah naungan Yayasan Al-Istiqomah Pamoyanan adalah sebagai berikut:

  1. Taman Kanak-kanak Al-Quran (TKA)

TKA diperuntukkan bagi anak-anak usia 4 – 6 tahun. Materi yang diberikan yaitu: belajar Iqra, baca tulis Arab dan Bahasa Indonesia, serta Imla (dikte). Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 08 – 09.30. Jumlah siswa TKA hingga akhir Tahun 2015 sebanyak 46 orang.

  1. Taman Pendidikan Al-Quran-Diniyah Takmiliyah Awaliyah (TPA/DTA)

TPA/DTA diperuntukkan bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD) kelas 1 – 6. Materi yang diberikan yaitu: akidah, fikih, akhlak, bahasa arab, tarikh, dan lain-lain. Kegiatan ini dilaksanakan dari pukul 14 – 15.30. Jumlah siswa TPA/DTA hingga akhir Tahun 2015 sebanyak 80 orang.

  1. Tahfizh Al-Quran

Kegiatan Tahfizh Al-Quran diperuntukkan bagi anak-anak SD – SMP. Materi yang diberikan yaitu: hapalan Juz 30, surah Yaasin, surah Al-Waqi’ah, surah Al-Mulk dan surah Al-Kahfi. Kegiatan ini dilaksanakan dari ba’da shubuh sampai pukul 06.00. Jumlah siswa TPA/DTA hingga akhir Tahun 2015 sebanyak 30 orang.

 

Tenaga Pengajar

Tenaga Pengajar untuk seluruh kegiatan di atas hingga akhir Tahun 2015 berjumlah 11 orang termasuk Kepala TKA dan TPA.

Anggaran Kegiatan

Sumber dana untuk mendukung kegiatan-kegiatan TKA, TPA-DTA dan Tahfizh berasal dari iuran siswa yang terdiri dari:

  • Iuran siswa TKA : Rp 15.000,00 per siswa/bulan
  • Iuran siswa TPA-DTA : Rp 7.500,00 per siswa/bulan

Pemasukan uang iuran bulanan rata-rata berkisar Rp500.000,00 s.d Rp750.000,00

Di samping itu, hingga akhir Tahun 2015 terdapat dana dari donatur yang jumlahnya per bulan berkisar antara Rp300.000,00 s.d Rp400.000,00.

Dengan jumlah dana yang dimiliki setiap bulan hanya berkisar Rp800.000,00 s.d Rp1.250.000,00 maka dana tersebut hanya bisa menutupi kebutuhan untuk honor tenaga pengajar yang jumlahnya bervariasi, yaitu berkisar Rp75.000,00 s.d Rp100.000,00 per orang/bulan.

Sedangkan untuk keperluan lain, seperti untuk biaya listrik, adminitrasi dan ATK, disesuaikan dengan dana yang diperoleh, yang kadang-kadang terpaksa mengambil alokasi (mengurangi jatah) honor tenaga pengajar.

Rencana Jangka Panjang

Mengingat pentingnya pendidikan agama untuk anak-anak usia dini, sebagai bekal di masa depan, maka untuk jangka panjang kami merencanakan dan berharap dapat mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang lebih baik dan maju dalam bentuk Pesantren Tahfizh Al-Quran.

Penutup

Demikian profil singkat Yayasan Al-Istiqomah Pamoyanan ini dibuat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kaum Muslimin secara umum, dan khususnya bagi calon donatur yang berniat untuk berperan serta mendukung dakwah Islam melalui jalur pendidikan.

Tasikmalaya,   Januari 2016

Pengurus Yayasan Al-Istiqomah Pamoyanan

Standard

Leave a comment